google-site-verification: google36588831a98f52ad.html

Friday, October 26, 2012

Cara membuat Aggregrator Blogger

Blogspot Aggregrator

Aggregrator secara gapteknya bisa diartikan sebagai layanan yang mengumpulkan / menampilkan berbagai halaman web yang berasal dari feed / rss. Jadi dengan aggregrator kita bisa melihat berbagai update blog dalam satu tempat saja. Aku aja bingung ngejelasinnya gimana .. hehe

Blog Aggregrator buatku bisa dijadikan sebagai sarana mempermudah untuk menampilkan link-link bagi blogger yang punya blog atau untuk menampilkan blog member dalam suatu grup. Salah satu contoh ialah Aggregrator yang kubuat dari blogger.com ini untuk menampilkan link dari beberapa member Blogger Banua agar mudah buatku blogwalking dan melihat blog mana saja yang ada update terbaru.

Ada berbagai cara membuat blog aggregrator. Kalau wordpress sih mungkin sudah ada plugin khusus aggregrator. Nah bagaimana Kalau blogspot aggregrator
Untuk blogspot juga bisa dong dibuat jadi blog aggregrator kayak website wordpress atau cms lain. (Baca juga Cara Membuat Blog)

Sejak 2010 lalu sudah mulai rame template aggregrator khusus blogspot. Diawali dengan hadirnya template premium karya OOM yang menjadi pelopor di template aggregrator khusus blogspot. 

Jadi kita pengguna blogger.com bisa dengan mudah membuat agregrator sendiri dari template aggregrator yang tersedia baik gratis maupun template premium berbayar. 

Tahun lalu aku sempat menggunakan template aggregrator dari simplexdesign namun aku menemukan beberapa kendala dalam menggunakan template tersebut yaitu lumayan ribetnya ketika kita ingin memasukan banyak daftar blog yang ditampilkan dan juga masalah ketika kita memasukan list feed / rss kemudian ada salah satu feed yang erorr maka aggregratornya sama sekali tidak berfungsi. Alhasil aku tidak jadi membuatnya dan berhenti setengah jalan. Bisa dilihat project aggregrator yang gagal di di http://bageannya.blogspot.com/
  • http://simplexdesign.blogspot.com/2010/09/simplex-news-aggregator-rss-reader.html
  • http://www.themasdoyok.com/2011/04/free-template-news-aggregator-untuk.html
  • Atau apabila sobat tertarik ingin menggunakan template premium dari ZOOM template dari OOM juga bisa beli dengan harga yang terjangkau kok dari zoom template.


Blogspot Aggregator Ala Gaptek

Nah kalau yang ini aku baru saja membuat blog aggregrator dengan hanya menggunakan widget My Blog List bawaan blogger. Alasan aku menggunakan cara seperti ini ialah karena dalam proses memasukan daftar blognya mudah tanpa edit html sama sekali.

Bila ada sobat yang tertarik ingin membuat juga aggregrator blogger langkahnya sangat mudah kok. Mungkin sudah banyak juga tutorialnya di blog lain tapi yang aku buat ini versi termudahnya menurutku gak perlu utak-atik html sama sekali namun hasilnya udah lumayan buat dilihat dan dinikmati sendiri.


1. Menggunakan Template dengan 2 Sidebar, 2 sidebar di kiri dan kanan sedangkan ditengah merupakan halaman post. Atau halaman post juga bisa dihilangkan apabila sobat ingin full menampilkan hanya widget di halaman awal. 


Sebagai contoh aku menggunakan template default blogger Awesome yang menurutku lebih simpel dari template yang namanya simple di blogger :)
Layout Template Aggregrator

2. Cara membuat model layout seperti diatas ialah dengan cara masuk menu Customize pada template designer blogger
mengubah layout jadi 2 sidebar



3. Atur Ukuran 'width' lebar halaman posting dan sidebar untuk widget
mengatur ukuran lebar sidebar dan halaman post

Setting "adjust widht" Template Blogger Aggregrator :
ukuran lebar sidebar kanan dan kiri = 350 Px
Ukuran lebar halaman post = 900 Px
Atau seterah sobat gaptek aja deh,, ^_^

4. Masih dalam menu template designer blogger, Aturlah warna template sesuai keinginan sobat di menu 'Advance'

5. Setelah itu tinggal masukan widget Blog List di sidebar kanan dan kiri atau  widget dibawah halaman posting yang akan berfungsi sebagai pemuncul postingan terbaru dari list blog yang ingin ditambahkan.

Widget Blog List (Daftar Blog) yang akan dijadikan Aggregrator





Nah ini blog aggregrator sederhana ala gaptek yang baru aku buat, isinya merupakan kumpulan link dari blogger banua.


Aggregrator tergaptek

Semoga tips gaptek yang super sederhana ini bermanfaat buat sobat yang lagi ingin membuat blog yang berisi kumpulan link update dari banyak blog atau bisa juga dimanfaatkan jadi list link member dalam sebuah komunitas / grup. walau bentuknya aggregrator blogspot ini sederhana namun cukuplah buatku sebagai sarana aggregrator, toh buat kita atau kawan kita sendiri juga yang mengaksesnya. 



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment