google-site-verification: google36588831a98f52ad.html

Sunday, October 28, 2012

Apa itu batu permata ….?


 Mungkin anda pernah melihat atau bahkan memiliki sebuah perhiasan baik itu berupa anting,kalung,gelang maupun cincin yang memakai sejenis batu berwarna yang batu tersebut memancarkan kecantikan dan keindahan yang sangat tinggi. Itulah yang dimaksud dengan Batu Permata.


Batu permata adalah sebuah meneral (zat), yakni batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri dari satu atau lebih beberapa komponen kimia, dimana batu tersebut apabila telah dipoles akan menampilkan kilauan yang indah sehingga mempunyai harga jual yang tinggi.


Menurut kepercayaan,warna warna batu permata mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda beda, sehingga orang sering kali membeli batu permata melihat dari warnanya. Berikut fungsi / kegunaan batu permata menurut warnanya ;


1. Warna Putih
        Warna putih dipercaya sebagai sumber energi yang mampu memberikan getaran positif dalam membantu harmoni tubuh, kesembuhan dan menjaga kesehatan (Berlian, Mutiara, Akik Putih transparan,kalsit)
2. Warna Ungu
Warna ungu dipercaya dapat membantu menumbuhkan ketenangan, mengurangi energi negatif, membatu perkembangan bathin kearah positif dan menghasilakan getaran feminim (Kecubung dan Turmalin ungu)
3. Warna Biru Tua
Dipercaya menumbuhkan kebijaksanaan, memperkuat mata, telinga, mengembangkan intuisi serta membantu meningkatkan kepekaan terhadap dunia halus (Safir, turmalin) 
4. Warna Biru Muda
Membantu agar lancar berbicara, bernyanyi, menyehatkan bagian leher dan tenggorokan serta pundak, membuat lebih bijaksana dan belas kasih (pirus, topas biru, aquamarin)
5. Warna Hijau
Memperkuat jantung, memperkuat otot otot saraf, mengurangi emosi negatif dan menumbuhkan kasih sayang ( Giok, zamrud, mata kucing hijau)
6. Warna Hitam
Memperkuat ketekunan dalam urusan duniawi, keteguhan, ketabahan dan ketenangan (Akik, Black onick, safir hitam)


Itulah beberapa kegunaan / fungsi batu permata berdasarkan warna batu tersebut yang lebih pada sisi manusia. Wallahualam….

JENIS -JENIS BATU PERMATA
BERLIAN / INTAN
clip_image002Intan /Berlian mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri. Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. di Indonesia intah telah lama ditambang di kawasan Martapura, Kalimantan Selatan.Berlian dipercaya sebagai penyembuhan penyakit,menguatkan organ empedu dan ginjal,kesehatan usus kecil,kekuatan tulang dan mengeluarkan racun dari tubuh sipemakai.


RUBY
clip_image004Merupakan suatu variasi merah tua aluminium oksida yang jernih dan bersih,ruby sering disebut juga merah delima.Ruby sangat bervariasi warnanya dari merah jambu sampai merah lembayung. Ruby yang paling terkenal didunia adalah dari Birma apa lagi ruby tersebut memiliki star bila terkena lampu , selain birma ada juga ruby madagaskar dan ruby afrika.Pemakai (scorpio,Capricorn dan cancer) ruby menyakini bahwa batu tersebut akan memberikan kebahagian dan menambah wibawa bagi dirinya serta mengusir hal hal negative atau pengaruh jahat.
ZAMRUD
clip_image006Batu permata yang berwarna hijau sampai hijau tua.Zamrud termasuk mineral silikat beryllium yang wrna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah kolombia,Siberia,afrika selatan,rusia,Zimbabwe,Australia,india dan brazil.Aura batu bias menciptakan suasana sejuk,aman,nyaman,menjaga kesegaran rohani dan jasmani bagi pemakainya.
PIRUS
clip_image008 Sebenarnya pirus bukan 100% batu melaikan merupakan campuran tanah,kapur dan batu. Kandungan didalamnya terdiri dari alumunium silicate dan hydrated phosphate.Batu pirus yang berkualitas berasalan dari Iran (Persia),selain itu juga dari Arizona,New Mexico dan Indonesia. Pirus bermanfaat mengatasi paru-paru,syaraf, mata,penyakit tenggorokan, menguatkan jantung ,memperbaiki peredaran darah,memulihkan tenaga,mengikat hati pasangannya,menolak bencana atau bahaya dan bagus bagi para pedagang yang merantau jauh dari kampung halaman.Batu ini tidak tembus cahaya dan warnanya ada yang hijau muda sampai hijau tuadan biru muda sampai biru tua.irus yang mempunyai urat-urat merah harganya sangat tinggi ketimbang urat emas.Batu ini dapat menyerap bau,minyak atau kotoran dalam waktu yang lama hal ini dikerenakan batu ini mempunyai pori-pori dan agak lunak.

CAT EYES / MATA KUCING
clip_image010 Batu unik ini mempunyai sinal lurus ditengah yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri jika dilihat dari jauh seakan akan seperti mata kucing. Cat eyes banyak didapat dibeberapa Negara diantaranya Srilangka,India, Afrika,Brazil dan Indonesia.Cat eyes diyakini dapat menambah keberanian,perjodohan,kedamaian dan keharmonisan bagi pemakainya
TIGER EYES
clip_image012Biasa disebut juga dengan batu mata harimau,batu ini bias memantukan sinar /cahaya beraneka ragam, warna aslinya kuning,merah tua berkilau seperti emas dan garis-garisnya seperti harimau loreng.Pantulan warna warni pada batu ini disebabkan oleh lapisan-lapisan seperti serat yang banyak dan tipis.Batu ini dapat di temukan di Burma,Australia,Amerika dan India namun yang paling bagus berasal dari Afrika selatan. Tiger eyes dipercaya mempunyai pengaruh bagus bagi kesehatan mata,mencegah kecanduan alcohol,tembakau,zat stimulant lainnya,menyembuhkan penyakit perut (pencernaan,empedu dan luka) serta melindungi dari binatang buas ketika berada dihutan.
MOONSTONE/BIDURI BULAN
clip_image014 Batu yang terdiri dari potassium alumunium silicate ini mempunyai warna yang bermacam macam seperti putih,kuning,abu-abu,coklat,merah muda,jingga dan hijau.Namun banyak yang palsu beredar dipasaran dengan menggunakan bahan dari kulit kerang yang digosok secara halus. Batu ini dipercaya mendatangkan hasrat welas asih,melindungi wanita dan bayi,nyeri haid, memudahkan proses melahirkan anak,menyuburkan rahim dan sering digunakan wanita (Gemini) untuk memikat hati pria,namun apabila si pemakai tidak cocok (jodoh) dengan batu ini akan membawa rasa sedih dan merung yang berkepanjangan.Batu ini banyak ditemukan di India,Sri Lanka,Brazil,Mexico,Myanmar,Australia,Tanzania.

SAPPHIRES
clip_image016 Batu yang terbuat dari alumunium oxide dan chromium ini memiliki bermacam warna biru (blue sapphire),hitam (black sapphire),kuning dan oranye (yellow sapphire), ungu dan bening (white shapphire) dengan struktur kristalnya yang heksagonal.Birma,Srilanka,Australia,Ceylon,Thailand,Afrika,Rusia dan Indonesia (Kalimantan dan Jawa Tengah) adalah daerah penghasil batu ini. Pemakai batu ini dipercaya dapat membatu menjernihkan pikiran,meningkatkan kedamaian bathin,kebahagian,mengembangkan daya piker,menumbuhkan inspirasi serta optimesme harapan baru.

ONYX
clip_image018 Batu ini ini tergolong batu kuarsa dengan 3 macam warna.Hitam dengan dasarnya putih (black onyx),merah dengan dasarnya putih (karneot onyx) dan merah tua dengan dasarnya putih (sard onyx).Namun yang sering dijumpai adalah batu dengan warna hitam (black onyx) yang dapat diperoleh dari banyak negara seperti,Brazil,Meksico,Inggris,Pakistan,Uruguay,India dan California.Pemakainya menyakini batu ini dapat mengubah kebiasan yang tidak menentu (jelek),melupakan hubungan dengan seseorang di masa lalu,mengatasi masalah tidur,mampu meredam rasa cinta dan nafsu yang berlebihan,membantu mempercepat pertumbuhan kulit,rambut dan kuku,memudahkan berbicara dengan lancar,melindungi kehormatan dan menginsyafkan untuk tidak mencemarkan harga dirinya (khusus wanita).
AMETHYST /KECUBUNG
clip_image020 Batu ini umumnya berwarna ungu muda sampai ungu tua,namun ada juga yang berwarna putih,hitam,ungu kebiru-biruan,ungu kemerah-merahan .Batu ini dipercaya dapat memberikan ketulusan,mengendalikan amarah,mendatangkan kasih sayang, dan mewujudkan aura yang menawan bagi pemakainya(kelahiran bulan Februari).Batu ini didapat dari berbagai negera seperti Brazil,Uruguay,Siberia,Rusia,India dan Indonesia (Kalimantan dan Jawa)

KALIMAYA / OPAL
clip_image022 Batu dengan komposisi kiezelzuur dan air serta bermacam logam macam logam yang akhirnya menyebabkan memantulkan beraneka ragam warna (pelangi).Warna dasar batu putih,hijau dan merah serta hitam adalah batu yang paling langka dijumpai.Batu ini dihasilkan oleh Australia dan Indonesia (banten).Ada beberapa jenis batu ini diantaranya Common opal (tidak ada warna pelangi),White opal (warna putih dengan sedkit pelangi),Black opal (warna hitam dengan pelangi sehingga membuatnya lebih kontras) dan Fire opal (tembus pandang berwarna oranye,kuning atau kecoklatan dengan sedikit warna pelangi atau tidak sama sekali). Batu ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit mata,impotensi dan meningkatkan daya ingat.
AKIK
clip_image024 Batu ini biasanya sering gunakan oleh kaum lelaki,batu akik dipercaya mengandung “Penghuni Gaib”. batu akik, merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki nusantara ini. Tidak jarang, pemberian nama batu akik diambil dari nama daerah di mana batu tersebut berasal. Penghasil batu akik terbaik adalah Indonesia (Kalimantan, Jawa),Italia,dan Arab Saudi.Batu ini dipercaya memberikan ketenangan,. Dulu pada umumnya, batu akik digunakan oleh kalangan alim ulama, saudagar, pedagang, jawara, dan juga para bangsawan
ALEXANDRITE
clip_image026 Batu Chrysoberyl ini terdiri dari chromium,titanium dan besi,batu jenis ini salah satu batu yang langka karena pembuatannya / pembentukkan menjadi batu memerlukan kondisi geologi yang unik.Warna batu ini dapat berubah-ubah,jika siang berwarna hijau sedangkan malam hari terutama jika disoroti lampu maka warnanya akan menjadi merah keungu-unguan atau merah darah.Batu jenis ini dipercaya dapat menguatkan bathin dari pengaruh jahat,meningkatkan keberanian dan memberikan peringatan adanya ancaman bahaya bagi pemakainya.Negara Rusia adalah penghasil terbaik batu ini.
BLUE TOPAS
  • clip_image028 Batu ini sangat popular dipasaran,hal ini dikarenakan kejernihan,ketahanan,ketersediaanya yang cukup banyak.Topas adalah salah satu dari mineral pegmatite yang terkenal seperti halnya beryl dan tumalin.Topas yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sanagt tinggi,terang,warnanya bening dan jika disentuh prmukaannya lebih licin.Kebanyakkan blue topas pada awalnya diperoleh dalam keadaan tidak berwarna atau sedikit warna,kemudian diradiasi untuk mendorong perubahan warna dan dipanaskan untuk menstabilkan perubahan.Negara Brazil,Meksiko,Srilangka,Nigeriadan Cina adalah penghasil batu jenis ini.Dipercaya batu jenis ini dapat meningkatkan ketegasan,berpikir logis,penglihatan tajam,kesabaran,dan membawa kebahagian.
Perbedaan Batu Alami dan Sintetik / Proses
Karekteristik
Alam
Sintetik
Kesan seakan retak
Terdapat benda asing (benang/rambut/ulir)
Terasa dingin di wajah
Berat Jenis
Kadar keras 3-10 (dengan alat)
Star / Bintang (dengan lampu)
Ya
Ya

Ya
Ya
Ya
Tidak
Tidak

Tidak
Tidak
Tidak

PEMAKAI BATU PERMATA MENURUT ZODIAK
Tanggal dan Bulan Kelahiran Zodiak Jenis Batu Permata
21 Des- 19 Jan
20 Jan- 18 Feb
19 Feb- 20 Mar
21 Mar- 20 Apr
21 Apr- 20 Mei
21 Mei-20 Jun
21 Jun- 20 Jul
21 Jul- 22 Aug
23 Aug- 22 Sep
23 sep- 22 0kt
23 Okt- 22 Nov
23 Nov- 20 Des
Capricorn
Aquarius
Pesces
Aries
Taurus
Gemini
Cancer
Leo
Virgo
Libra
Scorpio
Sagitarius
Ruby Siam
Kecubung
Ruby Daging
Berlian
Zamrud
Akik
Ruby Delima
Cat Eyes
Shappire
Kalimaya
Yakud
Pirus


Artikel Terkait:

1 comments:

  1. thanks metafisika nya, tp yg opal kalimaya putih hanya foto lalu blank space.

    ReplyDelete