google-site-verification: google36588831a98f52ad.html

Thursday, February 28, 2013

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

 Jika sobat mempunyai Laptop/Komputer yang merasa kinerja nya menurun atau lambat dikarnakan beberapa hal, berikut ini Paling Asik akan sedikit beberapa tips Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer yang mungkin bisa sobat praktekan sendiri.


Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer
1. Defragmenting dan disk cleanup secara berkala
Jalankan program aplikasi defragmenting serta disk cleanup secara berkala guna mengoptimalkan kinerja komputer ataupun laptop yang Anda gunakan. Caranya adalah klik Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter / Disk Cleanup. Fungsi dari kedua aplikasi bawaan Windows ini adalah penataan kembali file-file saat Anda melakukan pekerjaan seperti membuka, edit serta menyimpan file pada harddisk. Pada saat inilah file-file pada media penyimpanan tersebut meninggalkan area kosong pada harddisk dalam bentuk fragmentasi yang bisa dirapatkan kembali dengan cara melakukan defragmentasi. 

2. Meminimalisir tampilan desktop
Gambar latar (background) yang berukuran besar juga mampu mempengaruhi kinerja dari komputer yang Anda gunakan. Oleh karenanya sangat disarankan jika Anda mulai menggunakan gambar yang berukuran kecil atau menggunakan tampilan kosong saja. Selain itu, minimalisir penggunaan shortcut pada desktop dan juga menjadikannya sebagai tempat untuk menyimpan file ataupun berkas-berkas pekerjaan Anda. Fungsikanlah secara optimal folder MyDocument ataupun ruang folder dalam harddisk yang Anda gunakan. 

3. Perawatan hardware (perangkat keras) secara berkala
Bagi Anda yang menggunakan laptop, perawatan perangkat yang bisa Anda lakukan tentu tak sekompleks jika Anda menggunakan komputer PC karena yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan komponen luarnya saja seperti layar LCD, sela-sela keyboard dan bagian casing luar dengan mempergunakan sebuah kain lap yang bersih. Namun jika Anda menggunakan komputer PC, maka sebelum terjadi masalah yang serius ada baiknya jika Anda membersihkannya secara berkala. Lakukan minimal sebulan atau 2 bulan sekali. 

4. Instal Antivirus yang ringan namun berkualitas
Kehadiran sebuah Antivirus tentu memiliki manfaat yang sangat besar bagi perangkat Anda agar tetap terlindung dengan baik dari segala bentuk virus, malware ataupun ancaman lain yang bisa mempengaruhi kinerja komputer.

Mungkinitu dulu untuk Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer kali ini, semoga saja bisa bermanfaat yah bagi sobat sekalian yang merasa mempunyai dan mengalami penurunan kinerja pada laptop/komputer.



Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment